Acar Adzan Ahok Air Ajaib Air Alkali Aku Cinta ISLAM Anak Rantau Anak-anak android Aplikasi Ayah Ayam bahasa Korea Bali Bandara Jogja Bank di hongkong Bank international Beasiswa Belajar Hangeul Belajar Islam belajar menghafal Berbagi Ilmu dan pengetahuan Berburu Kupon Berita duka BI Biografi Bisnis dan Keuangan Bisnis dan Politik Bisnis Hallal ala Rosul Blogger Tips BMI Hong kong BMI & Hong kong BMI Hong kong BMI Jeddah BMI Korea Bmi Malaysia BMI Pintar BMI Riyadh BMI Singapura bmi Taiwan bmi timur tengah Bnp2tki Book Review BPJS Budaya & Budaya Bukit Care4Syria Care4Syria Indonesia Care4syria Malaysia Cerita Motivasi cerita pekerja migran Ceritaku Ciber Crime Cinta Orang Tua Cintai Anak-anak Convert Video Crystal-X Cut Nyak Dhien Daily Recipes Dekstop Tips Devisa Dilema buruh Migran Download Mp3 Dr.Zakir Naik Ekonomi Facebook Fakta Fenomena Facebook Forums Geo Expat Hong kong Foto terbaru gadge Gadget Gallery Generasi Qur'ani Google Adsense HALAL Restaurant Handphone Harris J herbal Hijab Hong Kong Hong Kong Food Recipes Hutan Hydrophonic Ibu yang terlantar Ikan Indonesia Indonesia-hongkong Indonsia-hongkong Informasi Informasi traveling Intisari Islamic Song Lyrics Jakarta Jeddah jepang Job Seeker in Hong kong Jogja Kabar dari Indonesia Kabar dari Seberang Kamus Kamus Korea Kasus Buruh diluar negeri Kata-kata Kecantikan Kecelakaan Kecelakaan bmi kecelakaan Kerja Kedok Kekerasan pada TKI Kembali ke Fitrah Kesehatan Keuangan keyboard Khas Indonesia Kisah Motivasi Kisah Teladan KJRI Hong Kong Kolom BMI Kolom PMI Komputer Komunitas Korea Kreatif Kuliah di Hong Kong kuliah diluar negeri Kuliner Kuliner Kasih Kupon Gratis Kursus Langsung Enak Lansia Lazio dan laziale Learn Hangul Lirik Lagu Makanan Khas Nusantara Malaysia Manfaat Sholat Mantan Buruh Migran Mari bantu Saudara kita Mari berbagi Masjid Media JBMI Hong Kong & Macau Meme Lucu mengenal Allah lebih dekat Mesir MILAGROS Minuman herbal Mobile Tips Modus Motivasi Mp3 Mualaf Mudik Musa Nabi Muhammad SAW nama dan alamat bank Nunik Ambarwati Obat Alami Pahlawan Nasional INDONESIA Pakistan Palestina Palestina dan Suriah Parallel Space Pariwisata Paspor Peduli Lingkungan Pekerja Ilegal Pekerjaan Pembunuhan Pendidikan Photo lucu anak-anak Pilipina PMI ilegal PMI Pintar Radio Hong Kong Realita Resep Harian Resep Jajanan Resep Jamu Tradisional Resep Mancanegara Resep masakan Simpel Resep Nusantara Resep Olahan simpel Restoran Halal Rusun Rawa Bebek Salad Sanggar Save Rohingya Sejarah Sekolah Di Hong Kong sekolah di hongkong sekolah di Indonesia Sekolah di Luar Negeri Selingkuh Seputar Elektronik Seputar Islam Seputar Wanita Singapura Sosial SS.Lazio Story of Buruh Migran Suriah Syria Taiwan Technology teladan Teman Ahok Tips dan Triks TKI Sukses Tokoh Bangsa TransJ Tutorial Blogger Tutorials Umbrella Revolution in hongkong Umroh Video Visa Whatsapp wonderful Indonesia Youtube


Berawal dari seorang teman yang membagikan status Facebook dengan username bernamaKuliner Kasih, Penulis kemudian membuka fan page tersebut lalu terhenyak, begitu banyak foto yang di upload di sana. Foto-foto yang jauh lebih menggetarkan hati daripada poto artis K-pop atau artis mancanegara lain yang sedang naik daun. Foto-Foto yang membuat merinding padahal bukan penampakan makhluk astral, melainkan foto para Lanjut Usia yang menghabiskan waktunya di jalanan demi memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

Kuliner Kasih adalah sebuah wadah kepedulian yang fan page Facebooknya baru dibuat pada tanggal 27 Agustus 2015 dan saat ini sudah beranggotakan lebih dari 34.000 member dari Sabang sampai Merauke dan memiliki 8 Admins( Februari 2016 ).


Visi : 
Mendukung dan menyejahterahkan para lansia di bidang usaha dan pangan di seluruh Indonesia.
Misi :
  1. KK ikut mendukung para lansia yang bekerja di sektor pangan dan non pangan.
  2. KK ikut menyejahterahkan para lansia yang cacat/ sakit sebatang kara, dan terbuang disektor pangan.

Tertarik untuk mewawancarai foundernya, berikut 10 (sepuluh) pertanyaan yang Penulis ajukan kepada salah satu admin Kuliner Kasih bernama Sari Dewi Wangsawijaya :

1. Tanya : Apa sih Kuliner Kasih itu?
Jawab : Kuliner Kasih adalah komunitas di sosial media yang memfokuskan membantu lansia (kategori 65 tahun ke atas) yang masih bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri, baik dari segi pangan maupun usaha.

2. Berapa orang admin Kuliner Kasih? Apakah Dari Kota yang sama?
Jawab : Admin Kuliner Kasih terdiri dari 5 (lima) orang. Dari kota Tegal, Surabaya, dan Bondowoso. Setiap admin juga memiliki 2 asisten admin untuk membantu dalam pengoperasian grup(2015)

3. Apa yang menjadi cikal bakal berdirinya Kuliner Kasih?
(Di sini Mbak Sari meng-capture post nya yang penulis rangkum sebagai berikut :
Jawab : 3 (tiga) bulan lalu karena merasa kasihan dengan postingan di salah satu grup kuliner mengenai seorang mbah yang menjual pangsit di jalan raya Surabaya pada siang hari, saya meminta tolong teman saya yang berdomisili di Surabaya untuk membeli pangsit tersebut kemudian menyumbangkannya ke sebuah panti, dari situlah muncul ide untuk membuat grup yang diberi nama Kuliner Kasih.

4. Kenapa mau repot untuk membantu para lansia di luar sana yang seharusnya itu menjadi urusan Pemerintah?
Jawab : Karena kita ingin secara pribadi membantu dan mengapresiasi semangat mereka dalam bekerja. Ada kepuasan sendiri kalau bisa menggapai mereka secara one on one supaya kita juga bisa belajar dari mereka tentang apa arti perjuangan sesungguhnya. Kita juga ingin mengajarkan member-member tentang welas asihdan mengajarkan generasi muda untuk mengikuti semangat kerja mereka. Karena mereka ini adalah contoh nyata bahwa usia lansia bukan alasan untuk berhenti bekerja. Meski usia 65 (enam puluh lima) tahun oleh pemerintah sebenarnya termasuk kategori pensiun.

5. Apa saja kendala selama menjalankan visi misi Kuliner Kasih?
Jawab : Banyak member yang terlalu terbawa perasaan untuk membantu tapi tidak mau menerima fakta bahwa target (red : lansia yang akan dibantu) itu ternyata mampu atau belum sesuai usia jompo (yaitu enam puluh lima tahun). Selain itu di lapangan banyak kasus di mana target belum mendapat Jamkesnas dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah setempat padahal target sangat bergantung pada hal semacam itu, dan kita tidak bisa memaksa pemerintah untuk melakukannya. Kebanyakan target tidak mengetahui bahwa mereka sebenarnya berhak mendapatkan itu semua. Kendala lain yaitu mendapatkan relawan yang betul-betul rela dan bersedia membantu target mengurus hak-haknya di lingkungan tempat tinggalnya.

6. Dari semua target yang masuk, berapa prosentase target yang sudah diberikan bantuan atau di cover?
Jawab : Dulu target yang masuk dan bisa di cover nyaris 90%, namun sekarang setelah diperketat seleksinya (berdasarkan legalitas, bukti lapangan dan info dari warga sekitar) kita bisa tekan hingga sekitar 60%.

7. Sebagai admin, apa sampai saat ini masih ‘mbrebes mili’(meminjam istilah di fan page Facebook Kuliner Kasih) alias menangis melihat para lansia yang fotonya di upload oleh para member? Atau sudah kebal karena setiap saat melihat yang seperti itu?
Jawab : Semua admin sudah kebal dengan berbagai macam target. Karena kita sudah terlalu biasa melihat dan mempelajari kasus yang jumlahnya ratusan. Jadi bisa mengerti mana yang kondisinya lebih memprihatinkan dan kami sudah terlatih untuk tidak hanya melihat/mengasihani orang hanya dari penampakan luar/fisik. Perlu investigasi menyeluruh untuk benar-benar membuat kami terenyuh sekarang. Namun itu pun kami dipaksa harus berpikir dengan logika cara membantu yang benar agar kita tidak terbawa emosi dan memberikan bantuan yang salah. Kita lebih berpikir bagaimana mereka bisa mendapatkan hak-haknya. Memberikan pancing bukan hanya ikan.

8. Apa ada rencana untuk membuat Kuliner Kasih menjadi sebuah yayasan berpayung hukum?
Jawab : Iya akan menjadi yayasan dalam waktu dekat. Dan harus menjadi yayasan. Karena memang diperlukan untuk membuat gebrakan yang signifikan.

9. Pernah membayangkan kalau Kuliner Kasih akan mendapat respon yang sangat baik seperti sekarang ini?
Jawab : Sama sekali tidak.

10. Untuk membantu para lansia itu pasti perlu dana, kalau boleh tahu dari mana sih dananya? Apa ada iuran wajib bagi para member?
Jawab : Dana itu dari donatur-donatur yang percaya kepada kami. Awal fan page Kuliner Kasih dibuat sudah banyak yang berminat menjadi donatur dan meminta nomor rekening saya maka pada tanggal 31 Agustus 2015 saya membuka rekening khusus untuk Kuliner Kasih dan dana dari donatur ditransfer ke rekening tersebut, rekening yang bersifat sementara sampai Kuliner Kasih menjadi sebuah yayasan.

Demikian 10 pertanyaan yang penulis ajukan kepada Sari Dewi Wangsawijaya yang berdomisili di Tegal. Kini pertanyaan penulis ajukan kepada pembaca, 

‘Apakah kalian berani bergabung denganKuliner Kasih dan menjadi bagian dari kepedulian yang terorganisir?’
 karena sejatinya hidup di dunia ini bukan hanya untuk diri sendiri, ada hak orang lain dalam diri kita dan akan selalu ada orang lain yang membutuhkan uluran tangan kita. Mari bersama membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia karena hal itu bukan hanya urusan pemerintah.




PERSYARATAN RELAWAN KULINER KASIH
Mohon diperhatikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para relawan Kuliner Kasih untuk mendapat penggantian dana di setiap proyeknya. SETELAH MENDAPAT PERSETUJUAN ADMIN.
#1. Menyertakan foto PENJUAL (dengan senyum sumringahnya) beserta TANDA TERIMA (TT) dari KULINER KASIH. 
TT ditulis dikertas putih dengan tulisan tebal hitam, dilengkapi rincian dan jumlah total. (Mohon tulisan dikertas tidak tertutup jari).
#2. Menyertakan foto makanan yang dibeli ATAU sembako yg akan diberikan.
#3. Menyertakan foto TANDA TERIMA dari PANTI yg menerima makanan, dilengkapi rinciannya. 
Note: KK Tidak menyediakan DANA TAMBAHAN untuk diberikan ke panti.
#4. Menyertakan foto PENERIMA dari panti dan MAKANAN yg diserahterimakan.
5. BIAYA yang akan digantikan KK dalam setiap proyek kepada relawan sebesar MAX. Rp. 600.000,- (Lansia berdagang) dan Rp. 300.000,- (Lansia bekerja dan tidak berdagang) Dana ini dibagi atas 3 kategori:
1) Lansia yg berdagang makanan. 
Dana penggantian sebanyak, maksimal Rp. 600.000,- 
meliputi pembelian makanan dan atau sembako sebesar Rp. 300.000,- dan 
tambahan modal Rp. 300.000,-

2) Lansia yg berdagang bukan makanan
Dana penggantian sebanyak maksimal Rp. 600.000,- 
meliputi pembelian sembako sebesar Rp. 300.000,- dan 
tambahan modal Rp. 300.000,-
kk prosedur

3) Lansia bekerja dan tidak berdagang (pemulung dan pengangkut sampah) 
yang diposting member dan dianggap admin KK layak menerima sembako komplit. Para relawan akan menerima penggantian biaya belanja sembako max. Rp. 300.000,- dan 
KK tidak memberikan uang modal.
6. Perihal yang disumbangkan ke panti adalah MAKANAN yang relawan beli dari bapak/ibu lansia.
7. Paket sembako komplit isinya (berat barang disesuaikan dengan dana yang ada):

1. 25 kg beras

2. 2 L minyak
3. 2 kg gula
4. 1 bks teh
5. 1 bks garam
6. 200 gr abon
7. 600 ml kecap manis


kk
Tertarik menjadi donatur saja? boleh juga  silahkan kirimkan donasi anda  kesalah satu No.rek.Admin Kuliner Kasih ( KK ). Insya Allah Transparan 


INGATLAH BAHWA DENGAN MEMBERI KITA MENJADI KAYA TAPI TIDAK PERLU MENUNGGU KAYA UNTUK MEMBERI.
Sebagian artikel dicopas dari Nuf/nyindir.com & Nulis.in

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.